Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Ikan Tawes Terbaik di Yogyakarta

Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Ikan Tawas Terbaik di Yogyakarta
Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Ikan Tawes Terbaik di Yogyakarta


Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Ikan Tawes Terbaik di Yogyakarta

Menjadi petani ikan, tentunya bukan menjadi hal yang mudah. Seorang petani ikan tawas harus memperhatikan beberapa hal jika ingin panen dalam jumlah memuaskan. Salah satunya harus menentukan bibit ikan terbaik agar bisa untung berkali lipat. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan ikan tewas di Yogyakarta. Sebelumnya terdapat ulasan mengenai Supplier Ikan Sidat Bibit dan Konsumsi di Yogyakarta.
  • Penyakit ikan

Dalam membudidayakan ikan, penyakit yang ada pada ikan tentunya menjadi tantangan tersendiri. Begitupula yang dirasakan oleh Supplier bibit dan konsumsi ikan tawes area Yogyakarta ini. Namun supplier bibit ikan tawes ini punya cara tersendiri untuk mengatasinya. Yakni dengan cara memberikan oksigen yang cukup, menjaga kebersihan kolam, dan memberikan nutrisi pada ikan.
(Untuk Pemesanan, No. WA-nya silahkan klik disini)
  • Musim

Pada saat musim kemarau, ikan cenderung tidak akan bertelur dikarenakan cuaca dan suhu air yang tidak stabil. Oleh karenanya pembudidayaan baiknya dilakukan pada musim hujan. Berbeda dengan petani biasa, supplier ikan tawes area Yogyakarta biasanya memiliki stok tersediri utamanya bibit ikan tawes. Hal ini dikarenakan supplier ikan tawes ini memiliki teknik tertentu untuk melakukan proses pembuahan pada ikan tawes dengan menggunakan alat tertentu.
  • Bibit yang unggul

Memilih bibit ikan, tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dengan hanya melihat ukuran badan ikan yang besar, bukan jaminan ia mampu menjadi indukan yang mampu menghasilkan anakan yang tangguh. Ikan kecil tentunya akan lebih rawan untuk terserang penyakit atau serangan suhu yang tidak menentu. Maka dibutuhkan bibit ikan tawes berkualitas untuk menghasilkan ikan yang tangguh terhadap berbagai kondisi lingkungan.
Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Tawas Terbaik di Yogyakarta
Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Ikan Tawes Terbaik di Yogyakarta

Cara untuk melakukan budidaya ikan tawes menurut supplier bibit ikan tawes Yogyakarta ialah:
  • Pemilihan induk ikan

Untuk indukan jantan pilih indukan yang berumur 14 bulan lebih, sedangkan indukan betina usahakan untuk memilih indukan yang berumur 10 bulan atau lebih. Jangan pilih indukan yang sudah lebih dari 6 kali kawin, kemudian pilih indukan yang warnanya cerah, gerakan gesit, dan sehat.
  • Pemijahan ikan

Kolam pemijahan memiliki luas paling kecil 200-300 m2. Deangan bagian dasar kolamnya tidak terlalu berlumpur. Pemijahan dilakukan pada pukul 16.00 guna merangsang ikan secara alami ke dalam kolam.
  • Pendederan ikan tawes

Benih ikan berukuran 2 cm atau berumur 3-4 minggu ditebar dalam kolam pendederan dengan kepadatan 10-15 ekor per m2. Kemudian benih siap panen saat berukuran 3-5 cm.
  • Pembesaran

Pembesaran ikan tawes membutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan. Selanjutnya ikan dapat dipanen untuk langsung dijual atau dijadikan indukan.

Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Tawas Terbaik di Yogyakarta
Memilih Supplier Bibit dan Konsumsi Ikan Tawas Terbaik di Yogyakarta

(Untuk Pemesanan, No. WA-nya silahkan klik disini)
Selain harus memperhatikan proses pembudidayaan, supplier bibit ikan pun harus diperhatikan. Berikut cara memilih supplier ikan tawes area Yogyakarta agar tidak salah pilih:
  • Supplier memiliki pemahaman yang baik

Supplier haruslah orang yang mengerti karakteristik ikan tawas dengan baik. Dengan begitu, maka bibit ikan tawes dapat berkembang dengan baik dan mampu menghasilkan ikan tawes yang tidak mudah terserang penyakit.
  • Tempat pemijahan luas

Kolam pemijahan untuk ikan tawes berkisar antara 200-300 m2 dengan bentuk persegi panjang. Bagian dasarnya biasanya dibuat tidak terlalu berlumpur agar telur ikan tawes dapat menetas dengan sempurna.
  • Memiliki Garansi produk

Supplier dengan garansi produk tentunya merupakan supplier ikan tawes terpercaya. Karena ia bersedia mempertanggung jawabkan produk yang telah dijual kepada pihak lain.

Naja farm merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan petani ikan tawes atau masyarakat. Mulai dari bibit, pemijahan, sampai konsumsi. Sehingga sangat cocok bagi petani atau seseorang yang akan memulai usaha untuk melakukan pembudidayaan ikan tawes. Karena Naja Farm atau jualikan.web.id juga menyediakan layanan konsultasi seputar dunia pembudidayaan ikan. sekian semoga bermanfaat.

(Untuk Pemesanan, No. WA-nya silahkan klik disini)
Website: jualikan.web.id

Salam hangat