Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya

Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya
Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya
Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya
Halo para pembaca sekalian! Kembali lagi bersama kami yang siap memberi informasi terkini kepada Anda! Selamat datang di jualikan.web.id! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar Ikan dan Seafood favorit kalian. Untuk pembahasan sebelumnya, kami sudah membahas mengenai Jual Ikan Hias Clownfish Jogja, Anda bisa klik link yang tersedia apabila Anda tertarik mengenai informasi tersebut. Click! Untuk kali ini kami akan memberikan informasi terbaru mengenai Peluang Usaha & Investasi Udang Vaname yang kami yakin sudah Anda tunggu-tunggu.


Tentang Udang Vaname
Udang vaname merupakan salah satu jenis udang yang banyak diekspor oleh Indonesia. Kontribusi volume ekspornya rata-rata 85%. Udang yang memiliki nama biologis Litopenaeus vannamei ini memiliki tubuh berwarna putih kekuning-kuningan dengan kulit tipis dan keras yang terbuat dari bahan chitin.

Udang vaname dinilai lebih tahan terhadap penyakit sehingga sangat cocok dilakukan budidaya udang vaname di tambak.

Jika dibanding dengan jenis udang lainnya seperti udang windu, udang vaname memiliki ukuran yang lebih kecil. Udang vaname juga memiliki keunggulan lainnya seperti mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan bersuhu rendah, tingkat keberlangsungan hidupnya tinggi, dapat dibudidaya dalam kisaran salinitas yang lebar, serta mampu mencapai ukuran besar secepat udang windu.

Usaha Udang Vaname
Udang merupakan salah satu komoditas perikanan Indonesia yang berpotensi besar untuk dikembangkan. Saat ini komoditas udang bernilai ekonomi mencapai USD250 miliar atau sekitar Rp3,6 triliun setiap tahun. Indonesia sendiri menempati urutan ketiga terbesar sebagai negara pengekspor udang di pasar dunia setelah Thailand dan India.

Jenis udang yang diekspor oleh Indonesia di antaranya adalah udang windu, udang vaname, dan jenis udang lainnya. Khususnya mengenai udang vaname (Litopenaeus vannamei), rata-rata jenis udang ini memiliki kontribusi volume ekspor mencapai 85%.

Udang vaname memiliki karakteristik spesifik, seperti mampu hidup pada kisaran salinitas yang luas, mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah, memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi, dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan di tambak.
Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya
Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya
Analisa Usaha Budidaya Udang Vaname
Walaupun sudah mengetahui cara budidaya Udang Vaname dan ke mana menjualnya, kita juga harus melakukan analisa usaha. Caranya dengan menghitung biaya produksi yang harus dikeluarkan serta keuntungan yang bisa diperoleh.

Karena itu, sejak awal dihitung dulu, berapa biaya yang dibutuhkan dan berapa kemampuan modal kita. Kalau kemampuan modalnya kecil, ya jumlah ikannya tinggal dikurangi saja. Nanti besar kolam serta kebutuhan pakannya pun otomatis berkurang. Mudah bukan?
Bibit udang
Rp 800.000
Penyewaan lahan
Rp 1.000.000
Pembuatan kolam udang
Rp 500.000
Timba
Rp 30.000
Wadah
Rp 20.000
Alat pembersih kolam udang
Rp 50.000
Selang air
Rp 30.000
Paralon
Rp 50.000
Jaring
Rp 25.000
Peralatan tambahan lain
Rp 50.000
Total
Rp 2.555.0000

Biaya Variabel
Biaya pengemasan
Rp 20.000 x 30
Rp 600.000
Biaya transportasi
Rp 20.000 x 30
Rp 600.000
Biaya tambahan lain
Rp 10.000 x 30
Rp 300.000
Gaji karyawan (2)

Rp 600.000
Total biaya variable

Rp 2.100.000

Pendapatan
Andai kata Anda menjual udang vaname ini Rp 80.000 per kg, 8 kg per hari = Rp 80.000 x 8 kg = Rp 640.000 per hari jika terjual 8 kg.

Sedangkan 30 hari atau sebulan Anda dapat penghasilan mencapai = Rp 640.000 x 30 hari = 19.200.000

Ini total kira-kira pendapatan Anda jika tidak dihitung dengan biaya pengeluaran dan biaya variable.

Keuntungan
Total pendapatan – (Total pengeluaran + Biaya Variabel) = Laba
Rp 19.200.000 – (Rp 2.555.000 + Rp 2.100.000) = laba
Rp 19.200.000 – Rp 4.655.000 = Rp 14.545.000. Jadi kurang lebih begitu jika Anda dapat penghasilan per bulannya.

Perlu diingat bahwa hitungan ini hanya perkiraan saja karena memang hanya sekedar contoh, jika ingin hasil aslinya maka sesuaikan dengan proses pemeliharaan. Harga bibit Udang Vaname, pakan ikan ini juga pastinya berbeda karena pada setiap daerah harganya berbeda – beda.

Apabila Anda mampu menjalankan bisnis pembudidayaan Udang Vaname ini dengan telaten dan sabar maka Anda pun tentu bisa menghasilkan keuntungan yang besar sesuai dengan target yang diinginkan.

Itulah Peluang Usaha / Investasi Udang Vaname & Analisa Usahanya, Anda bisa menghubungi jualikan.web.id untuk Anda yang ingin melakukan usaha ini, layanan kami akan dijamin memaksimalkan usaha Anda.

Selain bisa mendapatkan produk yang berkualitas, Anda juga akan mendapatkan harga yang ramah dengan kantong Anda. Pelayanan yang diberikan juga terjamin maksimal. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari jualikan.web.id adalah:
  • Terjamin mutu dan kualitas bibitnya oleh pemerintah
  • Harga terbaik hingga win-win solution
  • Kualitas pelayanan terbaik dan fast respond
  • Garansi pengiriman hingga sampai di tujuan dalam kondisi yang baik
  • Pengiriman terpercaya
  • Support konsultasi mengenai dunia perikanan
  • Dan banyak fasilitas lain yang tentunya akan menguntungkan konsumen dan produsen
Anda bisa menghubungi kontak kami di bawah ini, semoga beruntung dan sukses selalu.

(Untuk Pemesanan, Silahkan Klik Disini)